Rabu, 09 Oktober 2013

Arsitek Berwawasan Lingkungan

Apa masalah utama yang biasa dihadapi manusia dengan lingkungan ?

Kesejahteraan hidup :
Kebanyakan manusia butuh kesejahteraan dalam hidupnya mereka perlu mencukupi segala kebutuhannya baik primer, sekunder. Biasanya hal2 ini menyebabkan eksploitasi.

Peningkatan kualitas hidup :
Keberhasilan ekonomi, kemajuan teknologi, pemanfaatan sumber daya yang semena2 membuat kita terus merusak alam.

Penurunan kualitas lingkungan :
Karena eksploitasi yang kita lakukan banyak lingkungan2 mengalami penurunan kualitas. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat kesuburan tanah, kebersihan air, dll.

Jumlah penduduk makin bertambah :
Hal ini menyebabkan kerugian paling besar. Jumlah manusia semakin bertambah dari hari ke hari, sedang lingkungan semakin berkurang karena semakin banyaknya tempat yang dibutuhkan oleh manusia.

Teknologi makin canggih :
Hal ini biasanya menyebabkan kerusakan dalam bentuk polusi yang sangat sulit diuraikan oleh tanah. Walaupun tujuannya membantu kehidupan manusia, jika hal ini tidak ditanggulangi maka akan sangat berdampak buruk bagi hari2 ke depan umat manusia.


Apa akibat, dan cara menanggulanginya ?

Akibatnya kualitas hidup manusia akan menurun seiring penurunan kualitas lingkungan hidup. Mungkin beberapa tahun lagi kita akan kehabisan air, lapisan ozon akan benar2 habis, rata2 ketinggian air laut naik, kita akan menyerupai zombie2 yang kurus kering.
Apakah kita tega membiarkan anak cucu kita mengalami hal2 tersebut ?
Kita harus mulai merubah pola pikir, hidup kita. Kita harus bisa merubah kebiasaan buruk dari yang kecil samapai yang besar. Bisa mulai dari memilah sampah, menanam lebih banyak pohon, memodifikasi rumah yang lama bukan malah membuat rumah baru...


Apa hubungan pembangunan dan kualitas hidup manusia ?

Pembangunan meningkatkan risiko pencemaran, kerusakan lingkungan lalu menyebabkan rusaknya fungsi desain ekosistem, rusaknya penunjang kehidupan, turunnya kualitas lingkungan, terakhir akan menyebabkan turunnya kualitas hidup manusia.
Manusia saling tergantung dengan alam harus ada harmony di antara keduanya.


Apa itu lingkungan hidup ?

Sistemm kehidupan dimana terdapat campur tangan manuisa terhadap ekosistem
Lingkungan hidup juga meruapakan sumber energi, tempat membuang sampah yang dapat di decompose kan.


Apa itu ecology ?

Ilmu yang mempelajar pengaruh faktor lingkungan terhadap makhluk hidup.
Ernest Haeckel, 1869, Jerman :
Oikos (Yunani) rumah tangga, Logos ilmu, artinya ilmu tentang rumah tangga makhluk hidup.
Miller :
Hubungan timbala balik antara orgganisme dan sesama serta lingkungan tempat tinggal.


Apa itu antroposentrik ?

Alam ada untuk manusia.
Pandangan manusia inilah yang menyebabkan eksploitasi, mereka berpikir bahwa alam diciptakan Tuhan untuk manusia, jadi manusia tidak usah repot2 menjaganya. Padahal kenyataannya manusia dan lingkungan saling membutuhkan satu sama lain, hal inilah yang perlu ditanamkan dalam hati dan pikiran manuisia jaman sekarang.


Apa itu baku mutu lingkungan ?

Batas atau kadar makhluk hidup, zat energi, komponen yang ada dan unsur pencemar yang ditenggan adanya dan suatu sumber daya tertentu sebagai unsur lingkungan hidup.
Baku mutu lingkungan diterapkan unutk konservasi pembangunan wawasan lingkungan.
Jadai jika kita buang sampah, limbah sebebanarnya ada batas kandungan yang dapat diterima oleh lingkungan, hal ini lah yg lebih mudah disebut sebagai baku mutu lingkungan.


Apa 8 prinsip dasar deep ecology ?

Keberadaan dan perkembangan kehidupan manusia dan benda-benda lain diluar manusia mempunyai nilai sendiri-sendiri yang tidak berkait dengan asas manfaatnya bagi manusia.

Kekayaan dan keberagaman bentuk-bentuk kehidupan akan mendukung realisasi dari nilai-nilai tersebut diatas.

Manusia tidak mempunyai hak untuk mengurangi kekayaan dan keberagaman bentuk-bentuk kehidupan tersebut, kecuali untuk memenuhi kebutuhan yang vital.

Perkembangan kehidupan manusia dan budayanya harus dapat diterima secara substansial dalam populasi manusia yang lebih kecil. Perkembangan kehidupan diluar manusia membutuhkan dukungan populasi manusia juga.

Gangguan keberadaan manusia kepada kehidupan diluar manusia semakin lama akan makin memburuk.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka kebijakan / ideologi harus diubah tidak lagi didasarkan pada struktur ekonomi dan teknologi.

Perubahan ideology yang terutama adalah “menghargai kualitas hidup”, bukan sekedar menaikkan standar kehidupan.

Siapapun mempunyai kewajiban untuk segera melakukan perubahan-perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup.




Sumber : http://lusterspot.blogspot.com/2011/08/arsitektur-berwawasan-lingkungan.html

0 komentar:

Posting Komentar