Jumat, 26 Oktober 2012

ISD Sebagai Salah Satu MKDU


Pengertian, Tujuan, ISD dan IPS

·                     Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang menelaah suatu permasalahan sosial yang muncul dan berkembang di tengah masyarakat dengan menggunakan istilah dan landasan yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan dalam ilmu sosial.

·         Tujuan Ilmu Sosial Dasar
1.       Mahasiswa dapat lebih kritis dalam bersosialisasi.
2.       Mahasiswa lebih bisa memahami setiap kasus sosial yang ada di tengah masyarakat
3.       Bisa meredam permasalahan sosial dan ikut mencari solusi dari permasalahan tersebut.
4.      Membantu masyarakat agar lebih bisa berfikir kompeten dalam memperoleh wawasan yang lebih luas tentang arti sosial.

·         Tiga Kelompok Ilmu Pengetahuan

1.       Ilmu Pengetahuan Alam adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam yang dapat dirumuskan kebenarannya secara empiris.
2.  Ilmu Pengetahuan Sosial adalah semua bidang ilmu yang berkenaan dengan manusia dalam konteks sosialnya atau dengan kata lain adalah semua bidang ilmu yang mempelajari manusia sebagai anggota masyarakat.
3.  Ilmu Pengetahuan Budaya adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.

·         Perbedaan ISD dengan IPS : Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual sedangkan Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian.

·         Persamaan ISD dengan IPS

A.    Kedua merupakan bahan studi untuk kepentingan program kependidikan bermasyarakat.
B.    Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
C.    Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari Kenyataan Sosial dan Konflik Sosial.

·         Tiga Golongan Bahan Pembelajaran ISD

A. Kenyataan sosial yang ada ditengah kehidupan masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
B.   Pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari permasalahan sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
C.   Berbagai masalah yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial antara opini yang satu dengan perbedaan opini lainnya. 

0 komentar:

Posting Komentar